MPLS / OSIKA
SMP KD 2016

MPLS / OSIKA  SMP KD 2016

osika-1menyanyi mars hyme smp kdosika-2osika-3osika-4osika-5osika-7osika-6osika-8osika-9osika-10osika-11osika-12osika-13osika-14osika-15outboundsmp kd

smp kd

tatib osika smp kd

visi misi YPII Osika smp kd

mading osika smp kddsc_1338     dsc_1517   menyanyi mars hyme  

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah OSIKA / Orientasi Siswa Kebon Dalem merupakan masa yang penting bagi siswa baru untuk dapat mengenal, memahami, menerima lingkungan sekolah dan suasana baru yang akan dijalani selama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan OSiKA (Orientasi Siswa Kebon Dalem) ini bertujuan agar siswa dapat beradaptasi dan siap mengikuti proses pembelajaran di SMP Kebon Dalem melalui kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendidik dan membangun karakter COIS. Adaptasi merupakan awal kesiapan siswa untuk menerima transfer pengetahuan dan seluruh proses pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi siswa.

Peserta OSIKA Tahun pelajaran 2016-2017 diikuti oleh 54 calon siswa baru kelas 7 dan 5 siswa baru kelas 8. Kegiatan OSIKA berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada hari Senin, 18 Juli  sampai Rabu 20 Juli 2016. Tema OSIKA tahun ini adalah “ Learning with purpose, creating the future” ( yang artinya belajar dengan tujuan untuk meraih / menciptakan masa depan )

Hari pertama. Para siswa hadir di sekolah pukul 6.30 WIB berkumpul di aula dengan diantar oleh orangtua. Orang tua mengikuti Acara Sosialisasi bersma Kepala Sekolah & Wali Kelas 7. Sedangkan anak-anak di aula untuk mengikuti Kegiatan OSIKA.

Kemudian siswa dibagi dalam kelompok dan dipersiapkan untuk menciptakan yel-yel kelompok yang dirasa dapat menggugah semangat. Selain itu, yel-yel merupakan syarat dalam memasuki setiap pos-pos ketika mengikuti kegiatan OSiKA. Setelah itu siswa akan belajar bersama menyanyikan lagu Mars dan Hymne SMP Kebon Dalem. Baru setelah itu mereka akan duji dan dibiasakan kedisiplinannya lewat kegiatan PBB.

Selanjutnya adalah kegiatan pembekalan tentang tata tertib, kedisplinan, ketertiban, penampilan di SMP Kebon Dalem. Agar siswa bisa lebih mengetahui gambaran tata tertib yang berlaku di SMP Kebon Dalem yang tercatat lebih detail dalam Buku Siswa.

Baru setelah itu acara dilanjutkan dengan makan siang, menulis refleksi, dan pemberian tugas untuk hari kedua dan pencatatan reward, point yang didapat hari pertama yang dilakukan oleh Kakak Pendamping OSIS

Hari kedua. Siswa hadir di sekolah pukul 6.45 WIB berkumpul di aula SMP Kebon Dalem untuk presensi dan pengecekan penugasan, perlengkapan dan atribut. Setelah itu siswa diajak untuk pembiasaan membaca, kemudian mensharingkan kepada teman-temannya ttg apa yg dibacanya. Dilnajutkan menyanyikan lagu Mars dan Hymne SMP Kebon Dalem yang sudah diberikan pada hari pertama, dilanjutkan kemudian yel-yel kelompok untuk menggugah semangat siswa.

Kemudian siswa baru diajak memulai beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru dengan berkenalan kepada suster, bapak/ibu guru, karyawan, kakak kelas VIII dan IX. Karena mereka suddah menjadi keluarga besar SMP kebon Dalem, seperti ada ungkapan peribahsa”tak kenal maka tak sayang.

Setelah kegiatan selesai, siwa diajak menuju ke sepanjang Sungai Semarang mengamati perubahan lingkungan yang terjadi di wilayah kota Semarang terutama yang berkaitan dengan isu lingkungan, baik mengenai pencemaran sungai, kebiasaan membuang sampah dan lain-lain yang menyebabkan banjir, rob, maupun kesehatan warga sekitarnya. Siswa diajak membuat refleksi pengamatan maupun sharing kelompok untuk beropini tentang hal tersebut dan memberikan solusi yang sesuai.

Setelah itu, siswa juga akan digugah kesadarannya terhadap lingkungan dengan menanam pohon. Tujuannya agar siswa mencintai, memelihara, merawat tanamannya selama mereka bersekolah di SMP Kebon Dalem khususnya dan dimanapun mereka berada. Siswa diajak untuk menyadari pentingnya keseimbangan lingkungan dengan menjaga ketersediaan oksigen di lingkungan mereka.

Siswa juga diajak untuk mempererat persaudaraan dan kerja sama melalui kegiatan outbound sesuai dengan tema OSIKA. Kgiatan Outbound dimaksudkan untuk melatih kerjasama, kepercayaan diri, dan kepemimpinan. Dalam kegiatan ini juga diaktifkan tentang yel-yel dan persiapan untuk kegiatan inagurasi untuk hari berikutnya dengan bimbingan pendamping OSIKA (OSIS dan guru).

Mengingat tahun pelajaran 2016-2017 mulai diberlakukan Kurikulum 2013 (K-13), maka siswa juga diajak untuk mengenal dan memahami K-123yang akan dijelaskan oleh Waka Kurikulum dengan harapan siswa dapat menyesuaikan dengan proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

Selain perhatian dalam bidang akademik, di SMP Kebon Dalem menerapkan dan membangun karakter COIS para siswa. Dalam kegiatan ini para siswa akan diajak untuk menghidupi karakter COIS dalam proses pembelajaran maupun dalam bertingkah laku.

Selain itu siswa baru juga diajak untuk mengenal profil, visi misi, profil SMP Kebon Dalem yang disampaikan oleh Kepala Sekolah, Sr. Dewi,PI

Seperti halnya pada hari sebelumnya diakhir acara para siswa diajak untuk makan siang bersama dilanjutkan dengan refleksi, penugasan siswa untuk hari berikutnya dan pencatatan reward, point oleh Kakak Pendamping OSIS.

Dihari yang terakhir, Sebelum memulai kegiatan untuk menggugah semangat, siswa bersama-sama menyanyi Mars, Hyme SMP Kebon Dalem dan yel-yel kelompok.

Seusai rangkaian kegiatan di atas, para pendamping akan mengajak mengenal lingkungan sekolah dengan cara membuat denah dan mengikuti alur kegiatan yang ditentukan dan menuju pos-pos ruang sekolah [sesuai denah] agar siswa lebih mengenal semua ruangan yang ada di SMP KD.

Di hari terakhir, refleksi yang sudah mereka buat di hari pertama, kedua dan ketiga mereka gabungan dalam karya sebuah madding. Di depan Suster, Bapak, Ibu sudah ada hasil karya para siswa yang berisi pengalaman, ungkapan, ekspresi mereka dalam menggambarkan kegiatan OSIKA ini.

Di akhir kegiatan OSIKA ditutup dengan Acara Inagurasi. Yang berbeda, inagurasi tahun ini diikuti juga oleh Kakak Kelas 8 dan 9. Inagurasi ini bersifat santai dan diharapkan dapat menjadi ajang mengungkapkan perasaan lewat sharing maupun ekspresi seni seraya mendekatkan hubungan [relasi] dengan para warga sekolah. Selain untuk melatih kepercayaan diri melalui ekspresi dan public speaking yang terintegrasi dalam kegiatan. Selain itu dalam acara inagurasi ini juga ditambahkan penampilan Yel-Yel dan Komitmen Kelas 8 dan 9.

Selama OSIKA berlangsung, peserta OSIKA selalu didampingi oleh suster,/bapak/ibu guru pendamping dan kakak OSIS yang bekerja dengan penuh semangat dan dapat bekerjasama dengan baik. Proficiat buat Pengurus OSIS ! Model pendampingan seperti inilah yang kami terapakn dalam proses belajar di kelas

Akhir kata, Puji Syukur kepada Tuhan dan terimakasih kepada Suster, Bapak/Ibu Guru Pendamping, Panitia OSIKA dan anak-anak Pegurus OSIS yang terlibat dalam OSIKA tahun ini. Karena dukungan dan kerjasama mereka lah menjadikan kegiatan ini berjalan baik, lancar dan hebat. Akhir kata, utuk siswa baru kelasa 7, kami mengucapakn selamat datang dan selamat bergabug menjadi keluarga besar SMP KD. Mari kita berjuang bersama-sama meraih mencapai impian kita. Terima kasih. Tuhan Memberkati.

Salam Panitia OSIKA 2016

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *