Rekoleksi Kelas VII
SMP KD

Rekoleksi Kelas VII  SMP KD

rekoleksi-smp-kd-1rekoleksi-smp-kd-2rekoleksi-smp-kd-3rekoleksi-smp-kd-4rekoleksi-smp-kd-5rekoleksi-smp-kd-6rekoleksi-smp-kd-7rekoleksi-smp-kd-8rekoleksi-smp-kd-9rekoleksi-smp-kd-10rekoleksi-smp-kd-11rekoleksi-smp-kd-12rekoleksi-smp-kd-13rekoleksi-smp-kd-14rekoleksi-smp-kd-15rekoleksi-smp-kd-16

Kelas VII merupakan siswa baru di SMP Kebon Dalem. Sebagai siswa-siswi baru mereka sering merasa canggung, dan agak sulit bersosialisasi bahkan cenderung minder, banyak teman baru serta belum saling mengenal secara mendalam, maka kesulitan bersosialisasi tersebut perlu pendampingan dan bimbingan yang efektif dari para guru maupun orangtua. Teman-teman baru kadang-kadang dilihat sebagai ancaman, sehingga pergaulan mereka sering masih mengelompok berdasarkan sekolah asal. Berteman dan bergaul dengan teman dari sekolah asal yang sama, akan membuat tidak berkembang. Bisa berkembang jika mau bergaul dengan siapa saja, termasuk dari teman-teman yang berasal dari sekolah yang berbeda. Teman baru jangan dilihat sebagai ancaman, namun sebagai sahabat yang dapat saling mengembangkan, maka disinilah dibutuhkan pribadi yang tangguh pada PI di jaman modern . Hal ini supaya siswa mampu untuk tumbuh dan berkembang dengan sebaik mungkin dan percaya pada PenyelenggaraanNya. Sikap terhadap para pendidik yang baru  pun masih belum terbuka. Mengapa? Mungkin karena belum mengenal, sehingga dianggap orang asing/baru. Oleh karena itu siswa-siswi kelas VII diharapkan segera dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekolah yang baru. Namun perlu disadari bahwa itu semua merupakan karunia Allah, Allah menyelenggarakan segala-galanya dengan adanya rekoleksi ini mudah-mudahan dapat membantu para siswa-siswi untuk semakin mengenal diri, Allah dan teman-temannya secara mendalam, serta para guru dan dapat menghargai orang lain, sehingga perkembangan belajar yang lebih bermutu.

Oleh karena itu, diadakan Kegiatan Rekoleksi untuk Siswa Kelas VII dengan tema “PRIBADI BERIMAN TANGGUH PADA PENYELENGGARAAN ILLAHI   DI JAMAN  MODERN ” yang dilaksanakan Jumat, 16 September 2016 di Wisma Griya Paseban.

Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan rekoleksi ini yaitu:

  1. Siswa dapat belajar olah batin, olah rasa, olah pikiran, karena dengan itu semua akan terlatih kepekaan mereka. Semakin peka dan mudah tergerak berbuat kebaikan bagi sesama. (Cerdas)
  2. Siswa dapat semakin terbuka (membiarkan diri disentuh) oleh pengalaman cinta Allah yang penuh kasih setia. Dengan semakin menyadari bahwa dirinya dicintai oleh Allah. (PI)
  3. Setiap anak semakin mengenal sifat dan keutamaan-keutamaan keluarga asal, sehingga mampu mencintai mereka sehingga belajar untuk menerima diri. (Otentik).
  4. Siswa dapat semakin menyadari bahwa hidup menjadi lebih bermakna saat ada dan bersama orang lain – man for others (Solidaritas).
  5. Siswa mampu menghadapi tantangan akibat perkembangan jaman yang semakin modern.

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *